Berdamai Dengan Sisi Gelap


Di dalam diri kita ada istilah Sisi Terang dan Sisi Gelap.

Mungkin kalian berpikir bahwa Sisi Terang merupakan sisi yang baik dikarenakan ada kata "Terang" yang menunjukan bahwa hal tersebut bernilai positif.

Dan mungkin kalian juga beranggapan bahwa Sisi Gelap merupakan sisi yang buruk dikarenakan ada kata "Gelap" yang menunjukan bahwa hal tersebut bernilai negatif.

Kemungkinan-kemungkinan tersebut tidaklah salah, akan tetapi belum tepat ketika kita menerapkan dalam kehidupan manusia.

Sisi pada hakikatnya memiliki arti bagian dan kepribadian.

Sedangkan kata gelap mengarah pada kebencian, keburukan, kekecewaan dan lainnya.

Jadi Sisi Gelap dapat diartikan sebagai bagian dari kepribadian kita yang kebutuhan atau keinginannya belum bisa terpenuhi oleh apa yang kita lakukan.

Biasanya sisi gelap akan muncul ketika sisi terang kita melemah. Melemahnya sisi terang disebabkan oleh beberapa faktor seperti kesedihan, kekecewaan, kemarahan.

Kalau begitu, kenapa tidak kita buang saja sisi gelap? No, Tidak Bisa.

Manusia diciptakan saling berdampingan untuk saling menyempurnakan. Begitu pula sisi kepribadian di dalam diri manusia itu sendiri. Harus ada sisi gelap dan sisi terang yang saling menyeimbangkan. Namun, lemah dan kuatnya suatu sisi tersebut bergantung pada diri kita sendiri.

Jadi gimana dong mengatasi sisi gelap?

Berdamai Dengan Sisi Gelap 

Tentu saja, kita harus bisa berdamai dengan sisi gelap diri kita.

Sisi gelap akan berubah ketika diri kita juga berubah ke arah yang lebih positif.

Berhentilah Menganggap Diri Ini Payah

Kita, bahkan saya sendiri sering menganggap bahwa diri kita ini payah. Selalu menganggap bahwa apa yang kita lakukan itu salah, tidak berguna, dan bahkan percuma.

Tapi ingat, selagi yang kita lakukan itu positif. Maka tidak ada yang salah, tidak ada yang percuma dan pasti akan berguna seiring berjalannya waktu. Hanya butuh momen yang tepat saja.

Seperti yang saya lakukan ini, saya menulis artikel ini nggak tahu salah atau tidak, nggak tahu berguna atau tidak.

Tapi saya yakin, ketika yang saya tulis ini hal positif maka ini akan benar dan berguna setidaknya untuk diri kita sendiri. (self-reminder)

Jangan Merasa Gak Bisa Apa-Apa

Jika kalian nggak bisa apa-apa, maka bagaimana kalian bisa hidup?

Semua orang memiliki kemampuan di dalam dirinya masing-masing. Bahkan kemampuan sekecil apapun pasti punya. Yang perlu kita butuhkan yaitu mengembangkan kemampuan itu dengan penuh semangat dan percaya diri.

Kemampuan sekecil apa pun pasti akan menjadi besar ketika kita mau mengembangkannya dengan sungguh-sungguh. Mulailah belajar hal baru yang dapat meningkatkan kemampuan yang kita punya.

Dari situ kita akan menambahkan kemampuan-kemampuan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas hidup kita.


Memaafkan Diri Sendiri

Tidak ada manusia yang lepas dari kesalahan, semua orang pasti memiliki dan pernah berbuat kesalahan. 

Termasuk diri kita sendiri, kita pasti pernah melakukan kesalahan yang membuat diri kita down dan berpikir bahwa kita ini payah dan nggak bisa berbuat apa-apa.

Hey, Ayo lah... Berhenti menganggap diri kita payah dan nggak bisa apa-apa. Baca lagi hal di atas.

Mulailah untuk memaafkan diri kita sendiri.

Sudah dijelaskan bahwa semua orang bahkan diri kita sendiri pernah melakukan kesalahan, akan tetapi yang membedakan adalah mau memaafkan atau tidak.



Salam hangat, rizal
(self-reminder)

0 Response to "Berdamai Dengan Sisi Gelap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel