Pemahaman Mengenai Apa itu Blog

Di tahun 2018 ini masih perlu kah kita(sebagai blogger) bertanya pada diri kita sendiri mengenai apa itu Blog? Hmmm, saya rasa perlu dipertanyakan lagi, karena ada 2(dua) alasan.

Alasan pertama, kita masih memiliki banyak kesalahpahaman mengenai aktivitas blogging yang mengambang/rancu di berbagai web. Pernah saya sendiri menjumpai beberapa postingan yang ada di group Blogger Indonesia yang menanyakan apakah blogging memiliki masa depan. Pertanyaan semacam ini apabila dijawab menggunakan logika  maka "selama Internet memiliki masa depan, blog juga tentu". 


Alasan kedua, kita mencoba mendefinisikan kembali apa itu blog pada tahun 2018 adalah karena blogging merupakan fenomena sosial. Dengan demikian, ia terus berevolusi, dan apa yang benar beberapa tahun yang lalu bisa jadi tidak mungkin benar lagi. Ngerti ga? gini maksudnya, mungkin dulu pengertian blog adalah A, namun seiring berjalannya waktu karena adanya aktivitas sosial yang berubah bisa jadi pengertian blog menjadi B.

Blog Tidak Seharusnya untuk Pribadi
Kesalahpahaman utama mengenai definisi blog berasal dari orang-orang yang mengaitkan blog dengan konten mereka. Lebih khusus lagi dari orang-orang yang mengaitkan blog dengan konten dari satu jenis blog tertentu: blog pribadi/personal blog. Dengan kata lain, orang-orang itu berpikir bahwa blog adalah buku harian online di mana orang berbagi pendapat, curhatan, dan acara pribadi mereka. Jadi intinya buatlah tulisan yang tidak khusus untuk diri sendiri saja melainkan tulisan yang ketika dibaca oleh pengunjung, pengunjung tersebut mendapat respon atau berupa informasi dari blog kalian

Memang benar blog bisa digunakan sebagai catatan harian online kalian, tapi itu salah !!! (bingung kan hehe)

Ya penjelasan di atas hanyalah salah satu hal yang dapat Anda lakukan dengan blog.

Blog saat ini digunakan untuk berbagai tujuan. Misal, Seorang pemilik perusahaan menggunakan blog untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan dan pemegang saham lainnya. Surat kabar yang memasukkan tulisan ke situs web utama mereka untuk menawarkan saluran baru bagi penulisnya. Individu yang membuat blog untuk berbagi dengan dunia keahlian mereka tentang topik tertentu. Dan seterusnya.

Ke-Khas-an sebuah konten
Jika kalian memiliki ciri khas konten dari situs web/blog, hal itu akan menjadikan kalian lebih mudah dan lebih fokus dalam membuat sebuah tulisan. 

Jadi Apa itu Blog?
Blog pada dasarnya adalah jenis situs web, seperti forum atau situs jejaring sosial. Karena itu didefinisikan oleh aspek teknis dan fitur di sekitarnya, dan bukan oleh konten yang diterbitkan di dalamnya.

Fitur-fitur yang membuat blog berbeda dari situs web lain adalah:
  • konten diterbitkan secara kronologis
  • konten diperbarui secara berkala
  • pembaca memiliki kemungkinan untuk meninggalkan komentar
  • penulis blog lain dapat berinteraksi melalui blogwalking
  • konten disindikasikan melalui umpan RSS
Perlu diingat bahwa itu adalah berbagai fitur-fitur yang bisa mendefinisikan sebuah blog. Forum online juga bisa menawarkan umpan RSS misalnya, tetapi itu tidak membuatnya menjadi sebuah blog.

Jadi bagaimana definisi Blog menurut kalian?
Seperti yang saya sebutkan di awal artikel ini, blog merupakan fenomena sosial, sehingga mereka berada dalam sebuah evolusi konstan. Internet itu sendiri berubah sangat cepat, sehingga sangat sulit untuk menetapkan sebuah definisi dari blog itu sendiri.

Definisi di atas menurut pribadi saya, dan saya yakin bahwa orang lain akan bisa menambahkan atau menghapus detail penjelasan dari definisi blog. Beberapa bahkan mungkin sangat tidak setuju tentang definisi blog yang saya jelaskan.

Itulah mengapa saya memutuskan untuk mengalihkan ke pembaca/pengeunjung di blog ni. Saya ingin mendengar pendapat kalian tentang blog. Karakteristik apa yang mendefinisikannya? Apakah definisi berubah seiring waktu?

Saya nantikan di Komentar untuk membaca definisi blog menurut kalian!

Salam hangat,

ijal

0 Response to "Pemahaman Mengenai Apa itu Blog "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel