Kiat Sukses Mencontek

Mencontek saat ujian merupakan perbuatan yang menyimpang dalam artian itu perbuatan negatif dan tidak baik untuk dilakukan.

Mencontek di Negara Indonesia sudah menjadi budaya(negatif) bagi pelajar di berbagai kalangan mulai SD sampai perguruan tinggi ketika mereka sedang menghadapi ujian, bukan ujian hidup loh ya.
Tidak cuma pelajar malas(tidak mau belajar) saja yang melakukan perbuatan mencontek, akan tetapi orang pintar sekalipun kadang ikutan mencontek dikarenakan faktor lingkungan dan faktor kepepet. Orang pintar di sini bukan dukun ya, tetapi orang yang mau belajar, kebalikan orang malas maksudnya.


Nah, di sesi kali ini saya akan membagikan "Kiat Sukses Mencontek" yang pernah saya lakukan mulai dari pengalaman pribadi dan cerita temen-temen kelas. Sebenernya saya sendiri agak keberatan sih dari tadi nulis artikel ini sambil ngangkat barbel 5 Kg hahaha (ga lucu keknya). Ya saya keberatan nge-share salah satu tips ini karena ya ya ya ya yang namanya mencontohkan hal yang tidak baik juga merupakan perbuatan tidak baik(nah loh bingung).

Intinya ya gak boleh ditiru lah pokoknya, kecuali .... (isi sendiri).

Nilai mata pelajaran bagus belum tentu memiliki skill dan kepribadian yang bagus, pula jika skill dan kepribadian sesorang bagus maka ia akan memiliki "nilai" yang bagus.

Nilai sendiri memiliki arti yang luas bukan prihal mata pelajaran saja. Namun kebanyakan orang, guru, dan teman-teman sependidikan menilai seseorang dari nilai mata pelajarannya saja, dan itulah yang membuat budaya mencontek semakin menjalar karena menginginkan nilai yang bagus yang instan.

Ah kebanyakan cing-cong nih, langsung aja lah. Berikut kiat-kiat sukses mencontek :
1. Buatlah catatan kecil 
Kalau mau nyontek buatlah catatan kecil, inget ya catatan kecil jangan buat catatan besar, yang ada malah jadi buku/novel bukan buat nyontek. Fungsinya catatan agar bisa diselipin di mana aja, di sepatu, kaos kaki, dasi, celana, baju, daleman, beha dan pokoknya dimana aja deh asal jangan di selipin ke pengawasnya aja, nanti yang ada malah gini 

"permisi pak, emm saya mau ngambil catetan yang diselipin di kantong bapak?"

Pengawas : "Loh kapan kamu nyelipin catetan di kantong saya? buat apa?"
"tadi pas bapak di WC. buat nyontek pak"
Pengawas : "#$%#%#$#."


2. Waspada terhadap pengawas 
Sebelum mencontek pastikan tidak ada pengawas dan kalaupun ada pengawas pastikan dia tidak melihat kalian. Kalau pengawas tersebut menatap kalian, jangan tatap balik nanti jatuh cinta, kan ribet. 


3. Pengawas pura-pura tidur 
Hah ini yang perlu kalian waspadai juga, bisa jadi pengawas yang pura-pura tidur tersebut sedang mengawasi kalian diam-diam. Apalagi kalau pura-pura tidurnya sambil melotot, awas aja tuh bahaya. Solusi dari berbagai solusi untuk kejadian ini adalah suruh pulang aja tuh pengawas, biar dia bisa tidur nyenyak di rumah. 


4. Pengawas yang mainan hp 
Nah jangan sampe deh kalian lagi nyontek ketahuan terus di foto sama pengawasnya, harus hati-hati dengan pengawas yang lagi mainan gadget. Liat dan perhatikan kamera gadget si pengawas mengarah ke mana, kalau mengarah ke kalian ya kalian jangan melanjutkan menconteknya. Berhentilah sejenak lalu mulai lah bergaya ala model ketika kamera pengawas mengarah ke kalian, tujuannya untuk mengalihkan perhatian. 


5. Jangan melakukan gerakan yang aneh 
Ini penting! jika kalian ingin mencontek cobalah untuk tetap tenang mulai dari suara sampai gerakan. jangan melakukan gerakan yang aneh yang mencurigakan pengawas. Bergeraklah seperlunya. Jangan joget-joget, jangan Shuffle Dance, jangan gangnam Style, pokoknya jangan yang aneh-aneh. 


Nah itu dulu kiat sukses mencontek. mungkin nanti bakalan saya tambahin biar makin oke dalam melakukan perbuatan negatif yakni mencontek. atau barangkali dari kalian ada yang mau menambahkan boleh tulis di kolom komentar.


Jadi intinya mencontek itu TIDAK BAIK.




salam anget,



ijal, pemuda desa.

0 Response to "Kiat Sukses Mencontek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel