PKKMB a.k.a OSPEK


Ketika kita akan masuk ke jenjang SMP ataupun SMA, tentu kita akan dikenalkan dengan yang namanya MOS(Masa Orientasi Siswa). Sama halnya dalam perkuliahan, namun di perkuliahan beda namanya, bukan MOS lagi.

Diperkuliahan kita akan mengenali nama baru lagi ketika akan masuk ke perguruan tinggi yaitu OSPEK, eitt... tapi itu dulu. Sekarang di kampus mana pun istilah OSPEK diganti dengan kata PKKMB atau kata-katayang berhubungan dengan pengenalan.

Kenapa? Soalnya dan katanya OSPEK itu lebih berbau kekerasan,dan disaat itu pun banyak terjadi kekerasan ketika diadakan penerimaan mahasiswa baru, ya mungkin niatnya sih untuk menguji calon mahasiswa baru namun terlalu berlebihan, padahal sebenarnya OSPEK itu hanya perkenalan saja kan.

Nah untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kekerasan lagi, maka diubahlah istilah OSPEK menjadi PKKMB dan sistem didalamnya pun ada perombakan.

PKKMB(Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiwa Baru) bisa dikatakan lebih adem ayem. karena disitu kita hanya diajarkan sikap disiplin dan kebanyakan kegiatannya duduk saja. Saat duduk, disitulah berbagai golongan yang ada didalam kampus mulai menjelaskan tentang kehidupan kampusnya, mulai dari rektor, dekan, berbagai Organisasi, UKM dan sebagainya.

Di Kampus saya, ada 2 jenis PKKMB. Yang pertama PKKMB-Universitas, di dalam PKKMB-U kita semua(mahasiswa baru) dari semua Fakultas dikumpulkan dan beri berbagai materi yang berhubungan dengan dunia perkuliahan. Dalam kepanitiaan PKKMB-U pun, panitianya dari seluruh Fakultas.

Yang kedua, yaitu PKKMB-Fakultas. Nah, kalau PKKMB-U semua mahasiswa baru dari semua fakultas dikumpulkan, lain halnya dengan PKKMB-F, Di PKKMB-F hanya mahasiswa baru yang di Fakultas tertentu yang dikumpulkan. Saya masuk ke Fakultas Ekonomi, jadi saya ikut PKKMB-Fakultas Ekonomi.

Fakultas ekonomi mahasiswanya paling banyak dari jumlah mahasiswa di Fakultas lain, ini menandakan bahwa akan banyak munculnya enterpreneur-enterpreneur yang dapat mendobrak perekonomian. Semoga :)

Dari kedua jenis PKKMB, semuanya sangat berkesan. Di PKKMB kebanyakan di isi dengan duduk-duduk lalu mendengarkan materi, dan untuk mengusir kejenuhan kadang di selipkan berbagai games-games ataupun pentas musik yang dapat menghilangkan jenuh para mahasiswa baru.

Di PKKMB yang saya ikuti, sedikit kesal karena keberadaan Pasukan Kedisiplinan(PasKad). Kenapa? soalnya PasKad ini sering kali membuat para mahasiwa tegang gitu. Mereka seringkali marah-marah gak jelas gitu. Tapi tujuan mereka baik, mereka mengajarkan kedisiplinan dan tanggungjawab. wusttt

Ya, dengan adanya PKKMB saya bisa mengenal kehidupan kampus. dan dengan adanya pasukan kedisiplinan membuat saya menjadi tetap saja tidak disiplin... ya begitulah saya, sepertinya saya harus belajar disiplin lagi.

Buat temen-temen jadilah orang yang disiplin terutama disiplin waktu. Dan buat kalian yang mau melanjutkan ke jenjang perkuliahan, ikutilah prosesnya dan tetap semangat. Jadilah mahasiswa yang menjunjung Tri Darma Perguruan Tinggi.

0 Response to "PKKMB a.k.a OSPEK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel